Pengaruh Strategi Pemasaran (Bauran Pemasaran 7P) Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Muara Badak
Abstract
ABSTRAK
Reni Maesaroh, 2022. “Pengaruh Strategi Pemasaran (Bauran Pemasaran 7P) Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Muara Badak”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Moh. Mahrus, S. Ag. M. HI selaku pembimbing I dan Ibu Irma Yuliani, SE., M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya dunia industry yang sangat pesat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan tantangan perusahaan, maka perusahaan harus dikelola dengan baik dan mampu memahami apa yang dibutuhkan oleh pasar dengan menciptakan produk yang berkualitas, kemudian mampu menuangkan ide-ide baru dalam strategi pemasaran guna mendapatkan kinerja perusahaan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran (bauran pemasaran 7P) terhadap kinerja pemasaran pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) kecamatan muara badak.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah anggota dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Muara Badak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 32 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan alat analisis data menggunakan SPSS 25.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa variable Product (X1) secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian variabel Price (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,209 > 0,05. Kemudian variabel Place (X3) secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05. Selanjutnya variabel Promotion (X4) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,232 > 0,05. Selanjutnya variabel People (X5) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,671 > 0,05. Variabel Proces (X6) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,368 > 0,05. Dan yang terakir Physical Evidence (7) secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,043 < 0,05.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, BUMDES, dan Kinerja Pemasaran.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Manajemen Pemasaran Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan
Khairiyah, Hidayatul (IAIN Samarinda, 2019-09-13)ABSTRAK Hidayatul Khairiyah, 2019. “Manajemen Pemasaran Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini ... -
Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Manajemen Pemasaran Pendidikan di SMP Negeri 14 Samarinda
Mukarromah, Lailatul (IAIN Samarinda, 2020-05-21)ABSTRAK Lailatul Mukarromah, 2020. “Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Manajemen Pemasaran Pendidikan di SMP Negeri 14 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah ... -
Implementasi Manajemen Pemasaran dalam Menciptakan Animo Masyarakat di SD Islam Bunga Bangsa Samarinda
Ramadhan, Syahrul (IAIN Samarinda, 2017-09-08)ABSTRAK Syahrul Ramadhan, Implementasi Manajemen Pemasaran dalam Menciptakan Animo Masyarakat di SD Islam Bunga Bangsa Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Fathul Jannah, M.SI selaku pembimbing I dan Ibu Siti ...