View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pemasaran Syariah Umkm Kerajinan Turunan Sulam Tumpar By Mer Di Kutai Kartanegara Dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan

Thumbnail
View/Open
Dewi Safitri.docx (15.15Kb)
Date
2022-06-10
Author
Safitri, Dewi
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Dewi Safitri, 2022. “Strategi Pemasaran Syariah Umkm Kerajinan Turunan Sulam Tumpar By Mer Di Kutai Kartanegara Dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Ibu Hj. Norvadewi, M.Ag sebagai Pembimbing I dan Ibu Yovanda Noni, S.E., M.E sebagai Pembimbing II. Pesatnya pertumbuhan usaha souvenir di Kota Tenggarong menjadikan usaha turunan sulam tumpar ini memiliki banyak pesaing. Menyadari persaingan ini, pengusaha turunan sulam tumpar harus melakukan pengembangan usaha. Sebab itu diperlukan rancangan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan sesuai. Contohnya pengusaha turunan sulam tumpar harus memperhatikan 4p yakni Product, Price, Place dan Promotion serta meningkatkan kualitas pelayanan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha turunan sulam tumpar “By Mer” dalam meningkatkan penghasilan, untuk mengetahui apakah penghasilan pengusaha turunan sulam tumpar mengalami peningkatan setelah menerapkan strategi pemasarannya, serta untuk mengetahui apa kendala yang ditemui dan solusi apa yang diberikan oleh pengusaha turunan sulam tumpar By Mer dalam penerapan strategi pemasarannya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan data Primer melalui informasi langsung dari orang yang diteliti, adapun narasumber pada penelitian ini berjumlah 4 orang dan data sekunder melalui dokumentasi dari wawancara, kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Strategi Pemasaran yang dilakukan pengusaha turunan sulam tumpar By Mer yaitu meningkatkan kualitas product, menetapkan harga yang sesuai, memilih tempat yang strategis, melakukan promosi, dan memberikan pelayanan yang maksimal. 2. Penghasilan produk turunan sulam tumpar By Mer mengalami peningkatan yang cukup setelah melakukan strategi pemasarannya. 3. Kendala yang ditemui pengusaha turunan sulam tupar By Mer adalah kurangnya modal yang berputar akibat piutang konsumen yang belum terbayar dan sumber daya manusia (SDM) yang kesulitan memenuhi pesanan konsumen. Kata kunci : Strategi pemasaran, sulam tumpar, penghasilan, dan peningkatan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2285
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [347]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV