Show simple item record

dc.contributor.authorSafitri, Dewi
dc.date.accessioned2022-12-22T07:30:48Z
dc.date.available2022-12-22T07:30:48Z
dc.date.issued2022-06-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2285
dc.description.abstractABSTRAK Dewi Safitri, 2022. “Strategi Pemasaran Syariah Umkm Kerajinan Turunan Sulam Tumpar By Mer Di Kutai Kartanegara Dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Ibu Hj. Norvadewi, M.Ag sebagai Pembimbing I dan Ibu Yovanda Noni, S.E., M.E sebagai Pembimbing II. Pesatnya pertumbuhan usaha souvenir di Kota Tenggarong menjadikan usaha turunan sulam tumpar ini memiliki banyak pesaing. Menyadari persaingan ini, pengusaha turunan sulam tumpar harus melakukan pengembangan usaha. Sebab itu diperlukan rancangan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan sesuai. Contohnya pengusaha turunan sulam tumpar harus memperhatikan 4p yakni Product, Price, Place dan Promotion serta meningkatkan kualitas pelayanan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha turunan sulam tumpar “By Mer” dalam meningkatkan penghasilan, untuk mengetahui apakah penghasilan pengusaha turunan sulam tumpar mengalami peningkatan setelah menerapkan strategi pemasarannya, serta untuk mengetahui apa kendala yang ditemui dan solusi apa yang diberikan oleh pengusaha turunan sulam tumpar By Mer dalam penerapan strategi pemasarannya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan data Primer melalui informasi langsung dari orang yang diteliti, adapun narasumber pada penelitian ini berjumlah 4 orang dan data sekunder melalui dokumentasi dari wawancara, kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Strategi Pemasaran yang dilakukan pengusaha turunan sulam tumpar By Mer yaitu meningkatkan kualitas product, menetapkan harga yang sesuai, memilih tempat yang strategis, melakukan promosi, dan memberikan pelayanan yang maksimal. 2. Penghasilan produk turunan sulam tumpar By Mer mengalami peningkatan yang cukup setelah melakukan strategi pemasarannya. 3. Kendala yang ditemui pengusaha turunan sulam tupar By Mer adalah kurangnya modal yang berputar akibat piutang konsumen yang belum terbayar dan sumber daya manusia (SDM) yang kesulitan memenuhi pesanan konsumen. Kata kunci : Strategi pemasaran, sulam tumpar, penghasilan, dan peningkatan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi pemasaran, sulam tumpar, penghasilan, dan peningkatan.en_US
dc.titleStrategi Pemasaran Syariah Umkm Kerajinan Turunan Sulam Tumpar By Mer Di Kutai Kartanegara Dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record