Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Rahmawati
dc.date.accessioned2023-02-01T06:57:27Z
dc.date.available2023-02-01T06:57:27Z
dc.date.issued2022-10-15
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2427
dc.description.abstractABSTRAK Rahmawati, 2022. “(Analisis Bauran Pemasaran Usaha Mebel Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Yumma Interior Kota Samarinda). Skripsi, Program Studi Ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi M. Ag. dan Yusran, M. Ag. Bisnis merupakan suatu aktivitas yang membutuhkan pemahaman serius, tahap paling penting yang dilakukan seorang pembisnis yaitu dengan merancang sebuah strategi, sehingga dalam berbisnis dapat menguntungkan dan mempunyai prospek yang bagus. Salah satu strategi yang di aplikasikan dalam bisnis yaitu strategi marketing mix. Dalam strategi ini bagaimana cara mengaplikasikan 4P yang terdiri dari produk, price, promotion, dan place yang dikombinasikan dengan metode segmentasi, targeting dan positoning yang dilakukan oleh Yumna Interior untuk merebut persaingan pasar. Dari hal tersebut terdapat satu rumusan masalah yaitu: Bagaimana strategi pemasaran Yumna Interior merebut persaingan pasar dalam perspektif ekonomi Islam? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian mnunjukkan bahwa Yumna Interior yang di pimpin oleh Bapak Haderiansyah telah menjalankan strategi pemasaran yaitu Marketing Mix dan STP (Segmentasi, Targeting dan Positoning). berdasarkan hasil analisis Marketing Mix, diketahui bahwa pengaplikasian product, price, promotion dan place ini sudah sesuai dengan strategi pemasaran syariah, dimana produk yang dijual tidak haram, harganya tidak memberatkan konsumen, promosinya menggunakan metode pemasaran yang sudah sesuai dengan ajaran islam, dan distribusinya masih mengandalkan kedatangan konsumen ke tempat produksi dan juga memalalui media yang di sediakan. Sedangkan STP ( segmentasi, targeting, dan positoning) yang digunakan untuk merebut persaingan pasar dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan, testimoni dari konsumen, memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas dan standar produk. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Marketing Mix, STP.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Pemasaran, Marketing Mix, STP.en_US
dc.title“(Analisis Bauran Pemasaran Usaha Mebel Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Yumma Interior Kota Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record