Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Personal Selling, Selera, dan Saluran Distribusi Terhadap Penjualan Amplang
Abstract
ABSTRAK
Ayu Apriani, 2018. “Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Personal Selling, Selera, dan
Saluran Distribusi Terhadap Penjualan Amplang”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”.
Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Parno, S.E., M.SI dan Ibu Tikawati, S.E., M.Si.
Penelitian ini dilakukan di Toko Amplang di Kota Samarinda. Latar belakang
penelitian ini akan menganalisis hubungan pengaruh antara promosi, harga, personal
selling, selera, dan saluran distribusi terhadap penjualan amplang. Untuk mengetahui
hubungan pengaruh antara promosi, harga, personal selling, selera, dan saluran
distribusi apakah yang paling dominan berpengaruh secara parsial atau secara
simultan semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap penjualan amplang.
Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kuantitatif, teknik yang
digunakan untuk menentukan sampel adalah dengan cara mengambil sampel secara
sengaja (nonprobability sampling). Dengan jumlah sampel 34 responden. Sedangkan,
teknik pengumpulan data yang digunakan dengan angket yang merupakan daftar
pertanyaan yang diberikan kepada penjual dan pemilik toko dengan memberikan
respon sesuai permintaan, yang kedua dengan teknik dokumentasi yang mana
merupakan cara pengumpulan data melalui peninggalan arsip termasuk buku tentang
teori, pendapat, dalil atau hukum dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah
penelitian.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan regresi linier berganda
yang menunjukkan persamaan regresi Y = (-5.352) + 0.912 P + 0.440 H + ( -1.726)
PS + 7.155 S + 0.110 SD + 0,000. Nilai ttabel untuk penelitian ini (α = 5%) adalah
1.958. Variabel selera memiliki nilai thitung 7.155 dengan tingkat signifikan 0.000
yang berarti berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan positif terhadap
volume penjualan amplang. Sedangkan Variabel promosi memiliki nilai thitung 0.912
dengan tingkat signifikan 0.369, variabel harga memiliki nilai thitung 0.440 dengan
tingkat signifikan 0.663, variabel personal selling memiliki nilai thitung -1.726 dengan
tingkat signifikan 0.095, variabel saluran distribusi memiliki nilai thitung 0.110 dengan
tingkat signifikan 0.914 yang berarti tidak berpengaruh signifikan dengan arah
hubungan positif. Variabel yang paling dominan berpengaruh dalam perilaku
konsumtif adalah faktor pribadi yang mana memiliki nilai koefisien regresi paling
besar yaitu 7.155. Selain itu, uji F menunjukkan nilai Fhitung 23.755 dengan tingkat
probabilitas signifikan 0.000, sedangkan nilai Ftabel 2,490 yang berarti secara
bersama-sama/simultan variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis
berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Kata kunci: Promosi, Harga, Personal Selling, Selera, Saluran Distribusi, Penjualan