Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Ahdi, 2018. “Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan
Jumlah Nasabah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (Studi Kasus KSU
Syariah Al-Firdaus 2 Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”.
Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. HM Birusman Nur, SE.MM dan Ibu
Hervina, S. HI, M.Ag.
Penelitian ini dilakukan di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Firdaus 2
Samarinda. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena jumlah nasabah
yang setiap tahunnya mengalami sedikit peningkatan dan dari segi promosi yang
dilakukan. Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah
promosi yang diantaranya periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi dan
publisitas berpengaruh signifikan secara parsial dan untuk mengetahui variabel
apakah yang paling dominan berpengaruh serta untuk mengetahui apakah secara
simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah
nasabah.
Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kuantitatif,
dengan populasi sebanyak 200 responden dan teknik yang digunakan untuk
menentukan sampel adalah rumus Slovin dengan jumlah sampel 67 responden.
Sedangkan, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi
merupakan sebagai metode yang dilakukan sebagai pengamatan dan pencatatan
secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian, yang kedua
dengan teknik dokumentasi yang merupakan cara memperoleh data-data yang
diperlukan berbentuk dokumen yang berhubungan dengan masalah penelitian dan
yang ketiga yaitu angket yang merupakan daftar pertanyaan yang diberikan
kepada nasabah dengan memberikan respon sesuai permintaan, Teknik analisis
data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik, uji t dan
uji F. Dengan uji instrumen data menggunakan MSI (Method of Successive
Interval) atau dengan cara merubah data ordinal menjadi ke interval.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan regresi linier
berganda yang menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 0,937 + 0,235X1 + 0,140X2
+ 0,406X3 + 0,047X4 + e. Nilai ttabel untuk penelitian ini (α = 5%) adalah 1,997.
Variabel-variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan
konsumen dengan persentase sebesar 26,1% selebihnya dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Secara parsial periklanan, promosi
penjualan dan publisitas tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan
jumlah nasabah, hal ini ditunjukkan karena thitung < ttabel. Sedangkan penjualan
pribadi secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai thitung 2,043 > 1,997
ttabel, yang berarti bahwa variabel penjualan pribadi mempunyai pengaruh yang
dominan terhadap peningkatan jumlah nasabah daripada variabel lainnya. Selain
itu, uji F menunjukkan nilai Fhitung 5,471 > 2,52 Ftabel dengan tingkat probabilitas
signifikan 0.001, yang berarti keempat variabel secara bersama-sama/simultan
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah.
Kata Kunci: Promosi, Peningkatan Jumlah Nasabah.