Show simple item record

dc.contributor.authorAhdi, Muhammad
dc.date.accessioned2020-04-07T07:59:31Z
dc.date.available2020-04-07T07:59:31Z
dc.date.issued2018-08-08
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/261
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Ahdi, 2018. “Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (Studi Kasus KSU Syariah Al-Firdaus 2 Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. HM Birusman Nur, SE.MM dan Ibu Hervina, S. HI, M.Ag. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Firdaus 2 Samarinda. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena jumlah nasabah yang setiap tahunnya mengalami sedikit peningkatan dan dari segi promosi yang dilakukan. Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah promosi yang diantaranya periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi dan publisitas berpengaruh signifikan secara parsial dan untuk mengetahui variabel apakah yang paling dominan berpengaruh serta untuk mengetahui apakah secara simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi sebanyak 200 responden dan teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah rumus Slovin dengan jumlah sampel 67 responden. Sedangkan, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi merupakan sebagai metode yang dilakukan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian, yang kedua dengan teknik dokumentasi yang merupakan cara memperoleh data-data yang diperlukan berbentuk dokumen yang berhubungan dengan masalah penelitian dan yang ketiga yaitu angket yang merupakan daftar pertanyaan yang diberikan kepada nasabah dengan memberikan respon sesuai permintaan, Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik, uji t dan uji F. Dengan uji instrumen data menggunakan MSI (Method of Successive Interval) atau dengan cara merubah data ordinal menjadi ke interval. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan regresi linier berganda yang menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 0,937 + 0,235X1 + 0,140X2 + 0,406X3 + 0,047X4 + e. Nilai ttabel untuk penelitian ini (α = 5%) adalah 1,997. Variabel-variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen dengan persentase sebesar 26,1% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Secara parsial periklanan, promosi penjualan dan publisitas tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah, hal ini ditunjukkan karena thitung < ttabel. Sedangkan penjualan pribadi secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai thitung 2,043 > 1,997 ttabel, yang berarti bahwa variabel penjualan pribadi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap peningkatan jumlah nasabah daripada variabel lainnya. Selain itu, uji F menunjukkan nilai Fhitung 5,471 > 2,52 Ftabel dengan tingkat probabilitas signifikan 0.001, yang berarti keempat variabel secara bersama-sama/simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah. Kata Kunci: Promosi, Peningkatan Jumlah Nasabah.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAHen_US
dc.titlePengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariahen_US
dc.title.alternativeStudi Kasus KSU Syariah Al-Firdaus 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record