View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Problematika Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD) Islamic Center Samarinda

Thumbnail
View/Open
Nely Hariyati.docx (15.85Kb)
Date
2023-04-28
Author
Hariyati, Nely
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nely Hariyati 2023. “Problematika Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD) Islamic Center Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Juhairiyah M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Istifatun Zaka S.S,.M.A selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini berlandaskan pentingnya pembelajaran tematik untuk dapat diterapkan secara baik dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah disamping segala problematika yang ada. Setelah melakukan observasi awal peneliti menemukan sekolah tersebut merupakan sekolah swasta yang menerapkan pembelajaran tematik dalam proses pembelajarannya di beberapa jenjang kelas, yakni kelas 2 dan kelas 3. Implementasi kurikulum 2013 pembelajaran tematik berjalan selaras dengan tujuan pendidikan. Namun dalam penerapannya masih banyak terdapat kekurangan yang dapat diperbaiki atau dibenahi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran tematik yang ada di SD Islamic Center Samarinda dan diharapkan mampu membantu menjawab problematika yang ada serta solusi yang dapat digunakan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan obyek penelitian di SD Islamic Center Samarinda. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data penelitian menggunakan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) kompetensi dasar dan materi banyak berulang, guru kesulitan mengaitkan materi, keterbatasan waktu mengajar yang diberikan, sarana dan prasarana yang ada terbatas, siswa merasa jenuh saat proses pembelajaran, siswa merasa bingung saat proses pembelajaran. (2) Solusi dalam mengatasi problematika yang terjadi yaitu, guru dapat mepersiapkan serta meringkas KD serta materi jika terdapat ada yang sama sebelum pembelajaran, guru dapat mengikuti workshop serta pelatihan mengenai pembelajaran tematik, kematangan persiapan guru sebelum mengajar, penambahan sarana dan prasarana, adanya kreatifitas, model, dan strategi yang bervariatif agar dapat menarik minat belajar siswa.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3417
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [273]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV