Show simple item record

dc.contributor.authorHariyati, Nely
dc.date.accessioned2023-09-20T02:03:12Z
dc.date.available2023-09-20T02:03:12Z
dc.date.issued2023-04-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3417
dc.description.abstractABSTRAK Nely Hariyati 2023. “Problematika Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD) Islamic Center Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Juhairiyah M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Istifatun Zaka S.S,.M.A selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini berlandaskan pentingnya pembelajaran tematik untuk dapat diterapkan secara baik dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah disamping segala problematika yang ada. Setelah melakukan observasi awal peneliti menemukan sekolah tersebut merupakan sekolah swasta yang menerapkan pembelajaran tematik dalam proses pembelajarannya di beberapa jenjang kelas, yakni kelas 2 dan kelas 3. Implementasi kurikulum 2013 pembelajaran tematik berjalan selaras dengan tujuan pendidikan. Namun dalam penerapannya masih banyak terdapat kekurangan yang dapat diperbaiki atau dibenahi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran tematik yang ada di SD Islamic Center Samarinda dan diharapkan mampu membantu menjawab problematika yang ada serta solusi yang dapat digunakan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan obyek penelitian di SD Islamic Center Samarinda. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data penelitian menggunakan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) kompetensi dasar dan materi banyak berulang, guru kesulitan mengaitkan materi, keterbatasan waktu mengajar yang diberikan, sarana dan prasarana yang ada terbatas, siswa merasa jenuh saat proses pembelajaran, siswa merasa bingung saat proses pembelajaran. (2) Solusi dalam mengatasi problematika yang terjadi yaitu, guru dapat mepersiapkan serta meringkas KD serta materi jika terdapat ada yang sama sebelum pembelajaran, guru dapat mengikuti workshop serta pelatihan mengenai pembelajaran tematik, kematangan persiapan guru sebelum mengajar, penambahan sarana dan prasarana, adanya kreatifitas, model, dan strategi yang bervariatif agar dapat menarik minat belajar siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectProblematika, Pembelajaran Tematiken_US
dc.titleProblematika Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD) Islamic Center Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record