Show simple item record

dc.contributor.authorMansur, Astri Viana
dc.date.accessioned2023-11-13T01:56:02Z
dc.date.available2023-11-13T01:56:02Z
dc.date.issued2023-08-15
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3632
dc.description.abstractABSTRAK Astri Viana Mansur, 2023. “Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Dan Sistem Pembayaran Cash on Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Marketplace Shopee di Kota Samarinda). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Parno, S.E., M.S.I dan Dharma Yanti, SE., M.Si. Kemajuan dunia teknologi semakin berkembang pesat memunculkan kemudahan dalam melakukan jual beli. Banyaknya marketplace yang sering digunakan oleh konsumen maupun produsen untuk melakukan jual beli secara online. Komunikasi Electronic Word of Mouth (e-WOM) memberikan informasi mengenai produk yang akan dibeli dari pengalaman konsumen. Sistem pembayaran Cash on Delivery (COD) menjadi metode pembayaran yang memberikan kemudahan dan rasa aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan system pembayaran Cash on Delivery (COD) terhadap keputusan pembelian dalam perspektif ekonomi Islam di marketplace Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen marketplace Shopee di Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth (eWOM) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dalam perspektif ekonomi Islam di marketplace Shopee, Cash on Delivery (COD) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dalam perspektif ekonomi Islam di marketplace Shopee, dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Cash on Delivery (COD) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dalam perspektif ekonomi Islam di marketplace Shopee. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth (e-WOM), Sistem Pembayaran Cash on Delivery (COD), Keputusan Pembelian.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectElectronic Word of Mouth (e-WOM), Sistem Pembayaran Cash on Delivery (COD), Keputusan Pembelianen_US
dc.titlePengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Dan Sistem Pembayaran Cash on Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Marketplace Shopee di Kota Samarinda).en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record