View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Customer Untuk Berwakaf Al-qur’an di Gramedia Bigmall Samarinda

Thumbnail
View/Open
Rifka Nabila.docx (16.49Kb)
Date
2024-01-08
Author
Nabila, Rifka
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Rifka Nabila, 2023. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Customer Untuk Berwakaf Al-qur’an di Gramedia Bigmall Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Mursyid, S.Ag., MSI dan Alias Candra, M.E.I. Rendahnya partisipasi masyarakat dalam program wakaf disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurangnya informasi tentang wakaf, pengetahuan dan pemahaman tentang wakaf, kondisi sosial budaya, rendahnya kompetensi nazhir sebagai pengelola wakaf, hingga kurangnya peran pemerintah dalam menggalakan program wakaf. Melihat kondisi masyarakat Indonesia yang sangat heterogen, dibutuhkan strategi khusus dalam memasarkan program wakaf. Salah satu perusahaan ritel yaitu, Gramedia Bigmall Samarinda telah menjalankan program wakaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap minat customer untuk berwakaf Al-qur’an di Gramedia Bigmall Samarinda, baik secara parsial maupun simultan. Adapun komponen marketing mix yang digunakan ialah produk, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik dan pembayaran. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah customer Gramedia Bigmall Samarinda. Teknik pengambilan sampel ialah purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel proses, orang, dan pembayaran berpengaruh signifikan terhadap minat customer untuk berwakaf. Namun variabel produk, tempat, promosi dan bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap minat customer untuk berwakaf. Sedangkan secara simultan variabel produk, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik dan pembayaran berpengaruh signifikan terhadap minat customer untuk berwakaf, dengan besarnya pengaruh berdasarkan uji R2 ialah sebesar 66%. Kata Kunci: Marketing Mix, Minat, Wakaf
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4039
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [347]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV