Show simple item record

dc.contributor.authorNabila, Rifka
dc.date.accessioned2024-02-15T02:46:37Z
dc.date.available2024-02-15T02:46:37Z
dc.date.issued2024-01-08
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4039
dc.description.abstractABSTRAK Rifka Nabila, 2023. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Customer Untuk Berwakaf Al-qur’an di Gramedia Bigmall Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Mursyid, S.Ag., MSI dan Alias Candra, M.E.I. Rendahnya partisipasi masyarakat dalam program wakaf disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurangnya informasi tentang wakaf, pengetahuan dan pemahaman tentang wakaf, kondisi sosial budaya, rendahnya kompetensi nazhir sebagai pengelola wakaf, hingga kurangnya peran pemerintah dalam menggalakan program wakaf. Melihat kondisi masyarakat Indonesia yang sangat heterogen, dibutuhkan strategi khusus dalam memasarkan program wakaf. Salah satu perusahaan ritel yaitu, Gramedia Bigmall Samarinda telah menjalankan program wakaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap minat customer untuk berwakaf Al-qur’an di Gramedia Bigmall Samarinda, baik secara parsial maupun simultan. Adapun komponen marketing mix yang digunakan ialah produk, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik dan pembayaran. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah customer Gramedia Bigmall Samarinda. Teknik pengambilan sampel ialah purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel proses, orang, dan pembayaran berpengaruh signifikan terhadap minat customer untuk berwakaf. Namun variabel produk, tempat, promosi dan bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap minat customer untuk berwakaf. Sedangkan secara simultan variabel produk, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik dan pembayaran berpengaruh signifikan terhadap minat customer untuk berwakaf, dengan besarnya pengaruh berdasarkan uji R2 ialah sebesar 66%. Kata Kunci: Marketing Mix, Minat, Wakafen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMarketing Mix, Minat, Wakafen_US
dc.titlePengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Customer Untuk Berwakaf Al-qur’an di Gramedia Bigmall Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record