Strategi Pemasaran Syariah Pada Toko Aurora Shop.
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Zuhrijul, 2022, Strategi Pemasaran Syariah Pada Toko Aurora Shop. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris. Penelitian ini dibimbing oleh Hj Norvadewi, M. Ag dan H Yusran, M.Ag.
Tujuan daari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada bisnis Aurora Shop apakah strategi pemasaran yang diterapkan telah sesuai syariah. Strategi pemasaran merupakan unsur penting bagi perusahaan. Pada hal ini, peneliti berfokus pada strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran 7P produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey lapangan di Aurora Shop Jl. Kecamatan Pasundan Jawa, Kecamatan Samarinda Ulu, Kalimantan Timur ( Ruko Pasundan square No. 5-6). Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data premier, yaitu owner, 2 orang karyawan dan 3 orang konsumen, dan Data sekunder adalah berbagai tulisan terkait untuk studi ini. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah, strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Aurora Shop baik. Adapun indikator penilaiannya ialah: 1) strategi produk Toko Aurora Shop ialah selalu menjaga kualitas secara detail. 2)Strategi penetapan harga kami adalah menetapkan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas produk. 3) strategi tempat toko Aurora Shop sangat strategis karena terletak dipinggir jalan pasundan tepatnya pasundan square no 5-6, kota Samarinda. 4) strategi promosinya secara online melalui media sosial. 5) strategi proses biasannya konsumen langsungdatang ke toko untuk berbelanja. 6) strategi people, toko Aurora Shop menggunakan Sembilan karyawan. 7) strategi physical evidence, lingkungan fisik pada Toko Aurora Shop bersih, nyaman dan tersedia lahan parkir yang luas. Berdasarkan pemaparan tersebut marketing mix yang diterapkan Toko Aurora Shop telah sesuai dengan syariah.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Tempat, Strategi Promosi, Strategi Orang, Strategi Proses, Strategi Lingkungan Fisik
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Strategi Belajar Mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda
Hisyam, Muhammad (2019-09-11)Muhammad Hisyam, 2019. Strategi Belajar Mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penulisan ... -
Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Akreditasi di SMA Negeri 6 Samarinda
Ayu Safitri, Dyah (IAIN Samarinda, 2019-09-13)Dyah Ayu Safitri, 2019. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Akreditasi di SMA Negeri 6 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh ... -
Strategi Promosi Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SD Islamic Center Samarinda
Arsad, Muhammad (IAIN Samarinda, 2019-06-19)ABSTRAK Muhammad Arsad, 2019. “Strategi Promosi Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SD Islamic Center Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Pendidikan Islam Fakultas ...