View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Minat Generasi Milenial Kota Samarinda Berinvestasi Reksadana Syariah Melalui Marketplace.

Thumbnail
View/Open
Nuril Mufliha.docx (17.08Kb)
Date
2023-02-20
Author
Mufliha, Nuril
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nuril Mufliha, 2023. Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Minat Generasi Milenial Kota Samarinda Berinvestasi Reksadana Syariah Melalui Marketplace. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M. Hum dan Fitria Rahmah, S.E.I.,M.A. Adanya investasi melalui instrumen reksadana saat ini mengalami kemudahan akses, salah satunya kerena investasi reksadana banyak ditemukan di platformplatform digital, terutama pada aplikasi mobile atau marketplace seperti Tokopedia. Selain itu di Tokopedia reksadana diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk berinvestasi reksadana syariah religiusitas merupakan salah satu factor penting untuk menarik minat masyarakat. Literasi keuangan juga dapat menentukan minat seseorang untuk berinvestasi. Selanjutnya yaitu faktor pendapatan, pendapatan seseorang tentu mempengaruhi minat berinvestasi masyarakat. Semakin tinggi pendapatan maka semakin baik dan bertanggung jawab perilaku keuangnnya. Perkembangan populasi di usia produktif saat ini didominasi oleh generasi milenial. Peningkatan populasi di usia produktif serta kemudahan dalam berinvestasi yang dapat dilakukan yaitu melalui marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi finansial,dan pendapatan terhadap minat generasi milenial untuk berinvestasi reksadana syariah melalui marketplace Tokopedia di Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan metode pengumpulan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi muslim milenial di Kota Samarinda. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu, diantaranya generasi milenial berusia 21-41 tahun, beragama Islam, berdomisili di Samarinda, dan pengguna aplikasi Tokopedia. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda dengan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil perhitungan uji parsial, religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi reksadana syariah melalui marketplace, sedangkan literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap minat investasi reksadana syariah melalui marketplace, dan pendapatan pun secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat investasi reksadana syariah melalui marketplace di Kota Samarinda. Kemudian dari hasil perhitungan uji simultan, pengaruh religiusitas, literasi keuangan, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi reksadana syariah melalui marketplace. Dan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan ketiga variabel berpengaruh sebesar 80,5% terhadap variabel dependen. Kata Kunci : Religiusitas, Literasi Keuangan, Pendapatan, Reksadana Syariah
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4079
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [351]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV