Show simple item record

dc.contributor.authorMufliha, Nuril
dc.date.accessioned2024-02-26T01:56:16Z
dc.date.available2024-02-26T01:56:16Z
dc.date.issued2023-02-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4079
dc.description.abstractABSTRAK Nuril Mufliha, 2023. Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Minat Generasi Milenial Kota Samarinda Berinvestasi Reksadana Syariah Melalui Marketplace. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M. Hum dan Fitria Rahmah, S.E.I.,M.A. Adanya investasi melalui instrumen reksadana saat ini mengalami kemudahan akses, salah satunya kerena investasi reksadana banyak ditemukan di platformplatform digital, terutama pada aplikasi mobile atau marketplace seperti Tokopedia. Selain itu di Tokopedia reksadana diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk berinvestasi reksadana syariah religiusitas merupakan salah satu factor penting untuk menarik minat masyarakat. Literasi keuangan juga dapat menentukan minat seseorang untuk berinvestasi. Selanjutnya yaitu faktor pendapatan, pendapatan seseorang tentu mempengaruhi minat berinvestasi masyarakat. Semakin tinggi pendapatan maka semakin baik dan bertanggung jawab perilaku keuangnnya. Perkembangan populasi di usia produktif saat ini didominasi oleh generasi milenial. Peningkatan populasi di usia produktif serta kemudahan dalam berinvestasi yang dapat dilakukan yaitu melalui marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi finansial,dan pendapatan terhadap minat generasi milenial untuk berinvestasi reksadana syariah melalui marketplace Tokopedia di Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan metode pengumpulan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi muslim milenial di Kota Samarinda. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu, diantaranya generasi milenial berusia 21-41 tahun, beragama Islam, berdomisili di Samarinda, dan pengguna aplikasi Tokopedia. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda dengan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil perhitungan uji parsial, religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi reksadana syariah melalui marketplace, sedangkan literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap minat investasi reksadana syariah melalui marketplace, dan pendapatan pun secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat investasi reksadana syariah melalui marketplace di Kota Samarinda. Kemudian dari hasil perhitungan uji simultan, pengaruh religiusitas, literasi keuangan, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi reksadana syariah melalui marketplace. Dan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan ketiga variabel berpengaruh sebesar 80,5% terhadap variabel dependen. Kata Kunci : Religiusitas, Literasi Keuangan, Pendapatan, Reksadana Syariahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectReligiusitas, Literasi Keuangan, Pendapatan, Reksadana Syariahen_US
dc.titlePengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Minat Generasi Milenial Kota Samarinda Berinvestasi Reksadana Syariah Melalui Marketplace.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record