View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 024 Loa Janan

Thumbnail
View/Open
Winda Sari.docx (16.92Kb)
Date
2023-12-28
Author
Sari, Winda
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Winda Sari, 2023. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 024 Loa Janan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya penggunaan alat peraga manipulatif matematika, hal ini dilakukan dalam pelaksanaan pembalajaran matematika pada kelas bawah yang cara berpikirnya masih pada fase opresional konkret, alat peraga digunakan karena mampu menghadirkan konsep 3 dimensi yang bersifat konkret dan menjadikan materi matematika yang bersifat abstrak menjadi materi yang mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa dapat menginterpretasikan konsep dan materi matematika dengan mudah, memicu siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga manipulatif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III di SDN 024 Loa Janan. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian ex post facto yang dilakukan di SDN 024 Loa Janan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik angket, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji determinasi, uji korelasi product moment, uji regresi linear sederhana dan uji t. Peneliti juga menggunakan keabsahan data dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilai thitung = 2,403 > ttabel = 1,717, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, bahwa adanya pengaruh penggunaan alat peraga manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 024 Loa Janan dengan koefisien korelasi (r) = 0,473. Dengan demikian penggunaan alat peraga manipulatif dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar metematika siswa kelas III SD Negeri 024 Loa Janan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4242
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [245]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV