Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Winda
dc.date.accessioned2024-04-23T02:39:49Z
dc.date.available2024-04-23T02:39:49Z
dc.date.issued2023-12-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4242
dc.description.abstractABSTRAK Winda Sari, 2023. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 024 Loa Janan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya penggunaan alat peraga manipulatif matematika, hal ini dilakukan dalam pelaksanaan pembalajaran matematika pada kelas bawah yang cara berpikirnya masih pada fase opresional konkret, alat peraga digunakan karena mampu menghadirkan konsep 3 dimensi yang bersifat konkret dan menjadikan materi matematika yang bersifat abstrak menjadi materi yang mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa dapat menginterpretasikan konsep dan materi matematika dengan mudah, memicu siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga manipulatif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III di SDN 024 Loa Janan. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian ex post facto yang dilakukan di SDN 024 Loa Janan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik angket, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji determinasi, uji korelasi product moment, uji regresi linear sederhana dan uji t. Peneliti juga menggunakan keabsahan data dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilai thitung = 2,403 > ttabel = 1,717, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, bahwa adanya pengaruh penggunaan alat peraga manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 024 Loa Janan dengan koefisien korelasi (r) = 0,473. Dengan demikian penggunaan alat peraga manipulatif dalam pembelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar metematika siswa kelas III SD Negeri 024 Loa Janan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPenggunaan, Alat Peraga, Manipulatifen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 024 Loa Jananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record