View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengelolaan Perpustakaan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur

Thumbnail
View/Open
Muhammad Mirza Isfahani.docx (16.33Kb)
Date
2024-02-27
Author
Isfahani, Muhammad Mirza
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Muhammad Mirza Isfahani, 2024 “Pengelolaan Perpustakaan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Prof. Dr, Zurqoni, M. Ag sebagai pembimbing I dan bapak Sabran, M. Pd sebagai pembimbing II. Pengelolaan perpustakaan yang baik mampu meningkatkan kualitas dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada perpustakan khususnya di BPMP Provinsi Kalimatan Timur. Pegawai diharapkan mengetahui manajemen perpustakaan agar bisa mengatur, mengelola dan melakukan pengawasan serta melakukan evaluasi dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi pengelolaan yang masih belum berjalan secara optimal, masih ada kendala-kendala yang dihadapi seperti sumber daya manusianya dikarenakan jumlah SDM yang sedikit sehingga kadang kerepotan dalam mengelola perpustakaan. Adanya dengan penelitian ini semoga bisa berdampak dan bermanfaat bagi kualitas pelayanan perpustakaan sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya agar bisa menjadi lebih baik Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ada tiga yaitu data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian adalah Perpustakaan BPMP Provinsi Kalimantan Timur dengan narasumber yaitu kepala Perpustakaan, petugas perpustakaan dan pengunjung perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia di perpustakaan masih sedikit namun pelayanan yang ada di perpustakaan BPMP Provinsi Kalimantan Timur sudah cukup baik. Pelaksanaannya juga sudah menerapkan sesuai POS yang telah disediakan sebelumya, pelayanan perpustakaan di BPMP juga menerapkan dimensi kualitas layanan seperti tangible, reability, responsiveness, assurance, dan empathy. Layanan teknis dan layanan sirkulasi yang ada di perpustakaan BPMP Provinsi Kalimantan Timur juga sudah berjalan dengan baik. Pengelolaan di perpustakaan BPMP Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki faktor pendukung dan penghambatnya, untuk faktor pendukungnya yaitu, dengan memiliki POS manajemen yang sudah dibuat sebelumnya hal itu mempermudah petugas perpustakaan untuk melaksanakan tugasnya, sudah menggunakan teknologi secara digital, dan adanya pemanfaatan SDM dari siswa dan mahasiswa yang sedang melakukan praktik kerja lapangan. Faktor penghambatnya yaitu, kurangnya jumlah SDM yang menetap di perpustakaan, sehingga sedikit kerepotan jika adanya kunjungan dari luar, dan masih ada petugas yang belum mendapatkan pelatihan mengenai ilmu perpustakaan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4280
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [334]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV