Show simple item record

dc.contributor.authorIsfahani, Muhammad Mirza
dc.date.accessioned2024-05-07T01:20:15Z
dc.date.available2024-05-07T01:20:15Z
dc.date.issued2024-02-27
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4280
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Mirza Isfahani, 2024 “Pengelolaan Perpustakaan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Prof. Dr, Zurqoni, M. Ag sebagai pembimbing I dan bapak Sabran, M. Pd sebagai pembimbing II. Pengelolaan perpustakaan yang baik mampu meningkatkan kualitas dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada perpustakan khususnya di BPMP Provinsi Kalimatan Timur. Pegawai diharapkan mengetahui manajemen perpustakaan agar bisa mengatur, mengelola dan melakukan pengawasan serta melakukan evaluasi dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi pengelolaan yang masih belum berjalan secara optimal, masih ada kendala-kendala yang dihadapi seperti sumber daya manusianya dikarenakan jumlah SDM yang sedikit sehingga kadang kerepotan dalam mengelola perpustakaan. Adanya dengan penelitian ini semoga bisa berdampak dan bermanfaat bagi kualitas pelayanan perpustakaan sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya agar bisa menjadi lebih baik Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ada tiga yaitu data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Lokasi penelitian adalah Perpustakaan BPMP Provinsi Kalimantan Timur dengan narasumber yaitu kepala Perpustakaan, petugas perpustakaan dan pengunjung perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia di perpustakaan masih sedikit namun pelayanan yang ada di perpustakaan BPMP Provinsi Kalimantan Timur sudah cukup baik. Pelaksanaannya juga sudah menerapkan sesuai POS yang telah disediakan sebelumya, pelayanan perpustakaan di BPMP juga menerapkan dimensi kualitas layanan seperti tangible, reability, responsiveness, assurance, dan empathy. Layanan teknis dan layanan sirkulasi yang ada di perpustakaan BPMP Provinsi Kalimantan Timur juga sudah berjalan dengan baik. Pengelolaan di perpustakaan BPMP Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki faktor pendukung dan penghambatnya, untuk faktor pendukungnya yaitu, dengan memiliki POS manajemen yang sudah dibuat sebelumnya hal itu mempermudah petugas perpustakaan untuk melaksanakan tugasnya, sudah menggunakan teknologi secara digital, dan adanya pemanfaatan SDM dari siswa dan mahasiswa yang sedang melakukan praktik kerja lapangan. Faktor penghambatnya yaitu, kurangnya jumlah SDM yang menetap di perpustakaan, sehingga sedikit kerepotan jika adanya kunjungan dari luar, dan masih ada petugas yang belum mendapatkan pelatihan mengenai ilmu perpustakaan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPengelolaan Perpustakaan, Balai Penjaminan Mutu Pendidikanen_US
dc.titlePengelolaan Perpustakaan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record