View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pendidik Di SMP Negeri Samarinda

Thumbnail
View/Open
Ismi Firdausi Putri Alifa.docx (15.60Kb)
Date
2024-04-18
Author
Putri Alifa, Ismi Firdausi
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Ismi Firdausi Putri Alifa, 2024. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pendidik Di SMP Negeri Samarinda”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Ibu Dr.Siti Julaiha S.Ag.,M. Pd dan Ibu Dr. Yusnia Binti Kholifah, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja pendidik yang menjadi faktor penentuan kualitas pembelajaran pada suatu lembaga untuk mencapai tujuan pendidikan. Namun dibalik kinerja yang baik terdapat seorang pemimpin yang mampu mempengaruhi bawahannya untuk mendorong kesejahteraan dalam mengembangkan profesinya dan mampu menciptakan hubungan yang baik antara bawahan dan atasan sabagai bentuk usaha untuk mencari jalan keluar dalam berupaya peningkatan kinerja pendidik agar terciptanya pendidik yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pendidik di SMP Negeri 15 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas/ sebab akibat dengan sampel yang diambil sebanyak 53 pendidik di SMP Negeri 15 Samarinda. Teknik yang digunakan oleh penelitian ini adalah angket/ kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian variabel (X) berpengaruh sigifikan terhdap variabel (Y) dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dalam uji t yakninilai thitung sebesar 7,139 lebih besar dari ttabel dengan nilai 1,675 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya Hα diterima. Adapun dengan hasil uji R Square sebesar 0,500=50% yang mana hasil dari 50% ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional merupakan gaya pemimpin yang baik sehingga dapat memotivasi bawahan untuk meningkatkan kinerjanya. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional dan Kinerja Pendidik
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4318
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [333]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV