Show simple item record

dc.contributor.authorPutri Alifa, Ismi Firdausi
dc.date.accessioned2024-05-20T06:51:09Z
dc.date.available2024-05-20T06:51:09Z
dc.date.issued2024-04-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4318
dc.description.abstractABSTRAK Ismi Firdausi Putri Alifa, 2024. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pendidik Di SMP Negeri Samarinda”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Ibu Dr.Siti Julaiha S.Ag.,M. Pd dan Ibu Dr. Yusnia Binti Kholifah, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja pendidik yang menjadi faktor penentuan kualitas pembelajaran pada suatu lembaga untuk mencapai tujuan pendidikan. Namun dibalik kinerja yang baik terdapat seorang pemimpin yang mampu mempengaruhi bawahannya untuk mendorong kesejahteraan dalam mengembangkan profesinya dan mampu menciptakan hubungan yang baik antara bawahan dan atasan sabagai bentuk usaha untuk mencari jalan keluar dalam berupaya peningkatan kinerja pendidik agar terciptanya pendidik yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pendidik di SMP Negeri 15 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas/ sebab akibat dengan sampel yang diambil sebanyak 53 pendidik di SMP Negeri 15 Samarinda. Teknik yang digunakan oleh penelitian ini adalah angket/ kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian variabel (X) berpengaruh sigifikan terhdap variabel (Y) dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dalam uji t yakninilai thitung sebesar 7,139 lebih besar dari ttabel dengan nilai 1,675 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya Hα diterima. Adapun dengan hasil uji R Square sebesar 0,500=50% yang mana hasil dari 50% ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional merupakan gaya pemimpin yang baik sehingga dapat memotivasi bawahan untuk meningkatkan kinerjanya. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional dan Kinerja Pendidiken_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKepemimpinan Transformasional dan Kinerja Pendidiken_US
dc.titlePengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pendidik Di SMP Negeri Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record