View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI AYO MEMBACA DALAM MEINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAMIC CENTER SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_FEBRIANA RAMADHANI ARIFUDDIN_FTIK.pdf (281.2Kb)
Date
2024-11
Author
ARIFUDDIN, FEBRIANA RAMADHANI
Metadata
Show full item record
Abstract
Febriana Ramadhani Arifuddin, 2024. “Implementasi Kegiatan Literasi Ayo Membaca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Dr. Khusnul Khotimah, M.Si selaku pembimbing II. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu banyak perubahan telah terjadi dalam cara orang mengakses informasi dalam era digitalisasi saat ini, termasuk di bidang pendidikan. Siswa mungkin lebih tertarik pada game, media sosial, atau konten multimedia daripada membaca buku karena kemudahan akses ke media digital. Sehingga kegiatan literasi menjadi suatu kebutuhan yang semakin mendesak untuk diterapkan, khususnya pada sekolah dasar, guna menjaga minat baca siswa di tengah tantangan zaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V dan VI di SD Islamic Center Samarinda. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kegiatan literasi Ayo Membaca di SD Islamic Center Samarinda sudah diterapkan sejak sekolah didirikan. Program literasi ini telah diterapkan dengan fokus pada tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, peraturan sekolah mencakup penambahan durasi membaca, penggunaan buku kontrol, dan penyediaan buku bacaan Islami. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan ini dilakukan setiap hari dengan kolaborasi antara guru dan pustakawati. Siswa dilibatkan dalam kegiatan membaca dan mencatat hasilnya. Untuk mengukur seberapa jauh siswa mencapai tujuan membaca, evaluasi dilakukan. Siswa yang mencapai tujuan ini menerima sertifikat. Faktor yang mendukung program ini termasuk banyak buku dan literasi digital. Di sisi lain, faktor penghambat adalah keterlambatan distribusi buku kontrol, siswa yang belum lancar membaca di kelas rendah, dan kesulitan mendapatkan buku baru setiap tahun.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4861
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [245]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV