Show simple item record

dc.contributor.authorARIFUDDIN, FEBRIANA RAMADHANI
dc.date.accessioned2025-06-24T06:42:28Z
dc.date.available2025-06-24T06:42:28Z
dc.date.issued2024-11
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4861
dc.description.abstractFebriana Ramadhani Arifuddin, 2024. “Implementasi Kegiatan Literasi Ayo Membaca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Dr. Khusnul Khotimah, M.Si selaku pembimbing II. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu banyak perubahan telah terjadi dalam cara orang mengakses informasi dalam era digitalisasi saat ini, termasuk di bidang pendidikan. Siswa mungkin lebih tertarik pada game, media sosial, atau konten multimedia daripada membaca buku karena kemudahan akses ke media digital. Sehingga kegiatan literasi menjadi suatu kebutuhan yang semakin mendesak untuk diterapkan, khususnya pada sekolah dasar, guna menjaga minat baca siswa di tengah tantangan zaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V dan VI di SD Islamic Center Samarinda. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kegiatan literasi Ayo Membaca di SD Islamic Center Samarinda sudah diterapkan sejak sekolah didirikan. Program literasi ini telah diterapkan dengan fokus pada tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, peraturan sekolah mencakup penambahan durasi membaca, penggunaan buku kontrol, dan penyediaan buku bacaan Islami. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan ini dilakukan setiap hari dengan kolaborasi antara guru dan pustakawati. Siswa dilibatkan dalam kegiatan membaca dan mencatat hasilnya. Untuk mengukur seberapa jauh siswa mencapai tujuan membaca, evaluasi dilakukan. Siswa yang mencapai tujuan ini menerima sertifikat. Faktor yang mendukung program ini termasuk banyak buku dan literasi digital. Di sisi lain, faktor penghambat adalah keterlambatan distribusi buku kontrol, siswa yang belum lancar membaca di kelas rendah, dan kesulitan mendapatkan buku baru setiap tahun.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectliterasi, ayo membaca, minat baca, sekolah dasar, SD Islamic Center Samarinda.en_US
dc.titleIMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI AYO MEMBACA DALAM MEINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAMIC CENTER SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record