View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH TIKTOK DAN SHOPEE SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_LIA AZIZA_FEBI.pdf (89.31Kb)
Date
2024-10
Author
AZIZA, LIA
Metadata
Show full item record
Abstract
Lia Aziza, 2024. “Pengaruh TikTok dan Shopee sebagai media online shopping terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UINSI Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M.Ag dan Muhammad Hasbi, M.E. Perkembangan teknologi internet membuat hampir setiap aspek kehidupan lebih mudah. Sebagai hasil kemajuan teknologi ini, kegiatan belanja dilakukan dengan bertatap muka langsung namun dengan teknologi internet cara belanja telah berubah menjadi online. Kesempatan ini dimanfaatkan para konsumen (dalam hal ini mahasiswa) untuk berbelanja secara online menggunakan TikTok dan Shopee. Tawaran dan kemudahan yang diberikan TikTok dan Shopee membuat orang cenderung membeli tanpa batasan, mengakibatkan munculnya perilaku konsumtif dalam berbelanja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh TikTok dan Shopee sebagai media online shopping terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UINSI Samarinda. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa UINSI Samarinda dengan jumlah 1.337 mahasiswa. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel TikTok berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai 0,002 ≤ 0,05 dan t hitung 3,202 ≥ t tabel 1,988 dan variabel Shopee tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai 0,074 ≥ 0,05 dan t hitung 1,804 ≤ t tabel 1.988. Variabel TikTok dan Shopee sebagai media online shopping secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan nilai 0,000 < 0,05 dan f hitung 28,862 > 3,09. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kedua variabel independen mempunyai pengaruh sebesar 37,3% terhadap perilaku konsumtif, sisanya 62,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan didalam penelitian ini.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5082
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [385]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV