Show simple item record

dc.contributor.authorAZIZA, LIA
dc.date.accessioned2025-07-24T06:25:03Z
dc.date.available2025-07-24T06:25:03Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5082
dc.description.abstractLia Aziza, 2024. “Pengaruh TikTok dan Shopee sebagai media online shopping terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UINSI Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M.Ag dan Muhammad Hasbi, M.E. Perkembangan teknologi internet membuat hampir setiap aspek kehidupan lebih mudah. Sebagai hasil kemajuan teknologi ini, kegiatan belanja dilakukan dengan bertatap muka langsung namun dengan teknologi internet cara belanja telah berubah menjadi online. Kesempatan ini dimanfaatkan para konsumen (dalam hal ini mahasiswa) untuk berbelanja secara online menggunakan TikTok dan Shopee. Tawaran dan kemudahan yang diberikan TikTok dan Shopee membuat orang cenderung membeli tanpa batasan, mengakibatkan munculnya perilaku konsumtif dalam berbelanja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh TikTok dan Shopee sebagai media online shopping terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UINSI Samarinda. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa UINSI Samarinda dengan jumlah 1.337 mahasiswa. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel TikTok berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai 0,002 ≤ 0,05 dan t hitung 3,202 ≥ t tabel 1,988 dan variabel Shopee tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai 0,074 ≥ 0,05 dan t hitung 1,804 ≤ t tabel 1.988. Variabel TikTok dan Shopee sebagai media online shopping secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan nilai 0,000 < 0,05 dan f hitung 28,862 > 3,09. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kedua variabel independen mempunyai pengaruh sebesar 37,3% terhadap perilaku konsumtif, sisanya 62,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan didalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectTikTok dan Shopee, Perilaku Konsumtifen_US
dc.titlePENGARUH TIKTOK DAN SHOPEE SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record