View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MA’ARIF NU 02 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_ANISA_FTIK.pdf (65.62Kb)
Date
2023-10
Author
ANISA, ANISA
Metadata
Show full item record
Abstract
Anisa, 2023. Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di MI Ma’arif NU 02 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd. dan Dr. H. Akhmad Ramli, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 02 Samarinda kurang optimal dikarenakan keterampilan guru, khususnya guru PAI di MI Ma’arif NU 02 Samarinda, dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Perencanaan untuk membuat RPP ini merupakan bagian dari salah satu kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik. Kepala madrasah mempunyai tanggung jawab untuk memajukan lembaga yang dipimpinnya dengan melaksanakan fungsi manajemen yang ada sehingga dapat memajukan lembaga pendidikan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 02 Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 02 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah tahapan pengumpulan data, data condensation, data display, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik bagi guru ialah dengan cara: 1) planning, melakukan berbagai program pelatihan dan seminar khusus pembuatan RPP (in house training), 2) organizing, mengikutsertakan semua guru dalam struktur kepanitiaan kegiatan pelatihan dan seminar, 3) actuating, mengikutsertakan semua guru termasuk guru PAI dalam program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, 4) controlling, melakukan evaluasi proses belajar mengajar setiap minggu dan setiap semester serta melakukan pengawasan saat proses pelaksanaan pembelajaran.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5319
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [393]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV