Show simple item record

dc.contributor.authorANISA, ANISA
dc.date.accessioned2025-09-16T01:00:59Z
dc.date.available2025-09-16T01:00:59Z
dc.date.issued2023-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5319
dc.description.abstractAnisa, 2023. Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di MI Ma’arif NU 02 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd. dan Dr. H. Akhmad Ramli, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 02 Samarinda kurang optimal dikarenakan keterampilan guru, khususnya guru PAI di MI Ma’arif NU 02 Samarinda, dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Perencanaan untuk membuat RPP ini merupakan bagian dari salah satu kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik. Kepala madrasah mempunyai tanggung jawab untuk memajukan lembaga yang dipimpinnya dengan melaksanakan fungsi manajemen yang ada sehingga dapat memajukan lembaga pendidikan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 02 Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 02 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah tahapan pengumpulan data, data condensation, data display, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik bagi guru ialah dengan cara: 1) planning, melakukan berbagai program pelatihan dan seminar khusus pembuatan RPP (in house training), 2) organizing, mengikutsertakan semua guru dalam struktur kepanitiaan kegiatan pelatihan dan seminar, 3) actuating, mengikutsertakan semua guru termasuk guru PAI dalam program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, 4) controlling, melakukan evaluasi proses belajar mengajar setiap minggu dan setiap semester serta melakukan pengawasan saat proses pelaksanaan pembelajaran.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectManajemen Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, MI Ma’arif NU 02 Samarinda.en_US
dc.titleMANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MA’ARIF NU 02 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record