Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhan, Syahrul
dc.date.accessioned2020-06-29T06:29:49Z
dc.date.available2020-06-29T06:29:49Z
dc.date.issued2017-09-08
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/652
dc.description.abstractABSTRAK Syahrul Ramadhan, Implementasi Manajemen Pemasaran dalam Menciptakan Animo Masyarakat di SD Islam Bunga Bangsa Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Fathul Jannah, M.SI selaku pembimbing I dan Ibu Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilakukan karena ketertarikan peneliti terhadap SD Islam Bunga Bangsa Samarinda yang mampu menciptakan animo atau minat masyarakat dan menyerap banyak konsumen jasa pendidikan melalui manajemen pemasaran. Sehingga menjadikan bahan acuan bagi peneliti untuk mengetahui pengelolaan pemasaran di SD Islam Bunga Bangsa Samarinda. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen pemasaran dan bagaimana implementasi bauran pemasaran dalam menciptakan animo masyarakat di SD Islam Bunga Bangsa Samarinda. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen pemasaran dan umtuk mengetahui implementasi bauran pemasaran dalam menciptakan animo masyarakat di SD Islam Bunga Bangsa Samarinda. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field work research) dan jenis penelitiannya adalah kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Yayasan Bunga Bangsa Samarinda dan Kepala Sekolah SD Islam Bunga Bangsa Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui tahapan Data reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing/Verification (verifikasi atau pengambilan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran di SD Islam Bunga Bangsa Samarinda dideskripsikan dari terlaksananya kegiatan manajemen pemasaran yang diawali dengan perencanaan perangkat pemasaran, pengorganisasian struktur kerja, menentukan job description, membentuk kepanitiaan pemasaran pendidikan dan tim PSB, dan pengendalian saat proses dan akhir kegiatan pemasaran. Selanjutnya melakukan pelaksanaan pemasaran menggunakan bauran pemasaran jasa pendidikan yang meliputi Product yaitu 13 jaminan mutu lulusan, Price atau pembiayaan yang dibayarkan orang tua pesertadidik, Place atau tempat yang strategis dan iklim sekolah green school, Promotion yaitu peyampaian informasi atau menawarkan dengan media online, media cetak, event, dan parents meeting, People yaitu kegiatan recruitmen, pengembangan juga pembinaan mutu SDM dan Process yaitu persiapan dan pelaksanaan pelayanan jasa pendidikan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectManajemen Pemasaran, Animo Masyarakaten_US
dc.titleImplementasi Manajemen Pemasaran dalam Menciptakan Animo Masyarakat di SD Islam Bunga Bangsa Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record