Pengaruh Pemberian Penghargaan dan Hukuman Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas VI SD Negeri 001 Samarinda Seberang
Abstract
ABSTRAK
Ade Khoirunnisa SW, 2020. “Pengaruh Pemberian Penghargaan dan
Hukuman Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas VI SD Negeri 001
Samarinda Seberang”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Samarinda. Peneliti ini dibiming oleh Bapak Dr. Suratman, M.Pd selaku
pembimbing I dan Ibu Rostanti Toba, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini di latar belakangi oleh pemberian penghargaan dan hukuman
dalam proses pembelajaran yang kurang intens dalam pemberiannya sehingga
berakibat kepada peserta didik yang tidak serius dalam mengerjakan tugas yang
diberikan, penguatan yang diberikan oleh pendidik dalam bentuk pemberian
penghargaan dan hukuman sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar
disekolah untuk mendorong rasa termotivasi peserta didik dalam meningkatkan
prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat
pengaruh dalam pemberian penghargaan dan hukuman terhadap prestasi belajar
peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan
adalah seluruh peserta didik kelas VI SD Negeri 001 Samarinda Seberang yang
terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil sebanyak 61
peserta didik di kelas VI yaitu kelas VI A dan VI B sebagai obyek penelitian.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan
dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Pengujian Hipotesis menggunakan
analisis regeresi berganda uji T, uji F dan koefiensi determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan uji T perhitungan variable penghargaan
(X1) dan prestasi belajar (Y) dengan hasil t-hitung (-0, 699) < t-tabel (2.00172)
sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh dalam pemberian
penghargaan terhadap prestasi belajar, untuk pemberian hukuman (X2) terhadap
prestasi belajar (Y) dengan hasil t-hitung (-0, 661) < t-tabel (2.00172) dapat
disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh dalam pemberian hukuman terhadap
prestasi belajar siswa. Untuk uji F dengan f-hitung (0, 425) < f tabel (3, 15), dapat
disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian penghargaan dan hukuman
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Perhitungan koefiensi determinasi
di peroleh nilai sebesar 2% sedangkan 98% dipengaruhi oleh variable lain di luar
penelitian.