Show simple item record

dc.contributor.authorSepta Widiandri, Ade Khoirunnisa
dc.date.accessioned2020-12-28T07:14:06Z
dc.date.available2020-12-28T07:14:06Z
dc.date.issued2020-10-15
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/871
dc.description.abstractABSTRAK Ade Khoirunnisa SW, 2020. “Pengaruh Pemberian Penghargaan dan Hukuman Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas VI SD Negeri 001 Samarinda Seberang”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Peneliti ini dibiming oleh Bapak Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Rostanti Toba, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini di latar belakangi oleh pemberian penghargaan dan hukuman dalam proses pembelajaran yang kurang intens dalam pemberiannya sehingga berakibat kepada peserta didik yang tidak serius dalam mengerjakan tugas yang diberikan, penguatan yang diberikan oleh pendidik dalam bentuk pemberian penghargaan dan hukuman sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar disekolah untuk mendorong rasa termotivasi peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dalam pemberian penghargaan dan hukuman terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VI SD Negeri 001 Samarinda Seberang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil sebanyak 61 peserta didik di kelas VI yaitu kelas VI A dan VI B sebagai obyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Pengujian Hipotesis menggunakan analisis regeresi berganda uji T, uji F dan koefiensi determinasi. Hasil penelitian menunjukkan uji T perhitungan variable penghargaan (X1) dan prestasi belajar (Y) dengan hasil t-hitung (-0, 699) < t-tabel (2.00172) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh dalam pemberian penghargaan terhadap prestasi belajar, untuk pemberian hukuman (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dengan hasil t-hitung (-0, 661) < t-tabel (2.00172) dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh dalam pemberian hukuman terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F dengan f-hitung (0, 425) < f tabel (3, 15), dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian penghargaan dan hukuman secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Perhitungan koefiensi determinasi di peroleh nilai sebesar 2% sedangkan 98% dipengaruhi oleh variable lain di luar penelitian.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subject“Pengaruh, Pemberian Penghargaan, Hukuman, Prestasien_US
dc.titlePengaruh Pemberian Penghargaan dan Hukuman Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas VI SD Negeri 001 Samarinda Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record