Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Laily Maya
dc.date.accessioned2022-06-06T01:32:50Z
dc.date.available2022-06-06T01:32:50Z
dc.date.issued2021-06-21
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1334
dc.description.abstractABSTRAK Laily Maya Sari, 2021. Pengembangan Sosial Emosional Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda (Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Bunga Harapan Dan Taman Kanak-Kanak Khalifah Samarinda). Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin., M.Ag dan Dr. Hj. Ity Rukiyah., M.Si. Penelitian ini didasari oleh harapan bahwa pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini sangat penting dan masih banyaknya Taman Kanak-kanak yang belum mengetahui pentingnya pembelajaran kewirausahaan sejak dini. Keterkaitan aspek sosial emosional dengan pembelajaran kewirausahaan pada anak agar mereka mampu mengembangkan sikap kesadaran diri, rasa tanggung jawab dan perilaku prososial sesuai dengan standar pengembangan sosial emosional berdasarkan Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana guru melaksanakan pengembangan sosial emosional dalam pembelajaran kewirausahaan pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Samarinda (2) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan sosial emosional dalam pembelajaran kewirausahaan pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak samarinda. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan penelitian langsung dan mengumpulkan data yang ada di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas B usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Bunga Harapan dan Taman Kanak-kanak Khalifah Samarinda dengan responden terdiri dari kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini didasarkan pada teknik yang dikemukakan oleh Miles & Huberman yaitu, kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: 1) Pelaksanaan pengembangan sosial emosional dalam pembelajaran kewirausahaan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Perencanaan guru dalam pembelajaran terdiri dari tujuan pembelajaran, materi kegiatan, metode, media dan sumber belajar yang sudah dirancang melalui Prota, Prosem, RPPM dan RPPH. Pengembangan sosial emosional yang dikembangkan yaitu sikap kesadaran diri, tanggung jawab untuk diri sendiri serta orang lain dan prilaku prososial. Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan, terdiri dari kegiatan pembukaan, inti dan penutup. Program ini dilaksanakan dengan kegiatan metode proyek dan kegiatan pembiasaan. Penilaian, melakukan observasi, penilaian harian, tanya jawab, unjuk kerja dan hasil karya anak. 2) Faktor pendukung. Pendukung berupa kurikulum kewirausahan yang sudah dirancang dan ditetapkan oleh kepala sekolah dan lembaga pusat; Lingkungan masyarakat sekitar yang sangat mendukung penuh kegiatan ini; Guru dan orang tua juga berperan penting untuk memunculkan minat dan bakat anak menjadi pengusaha Islami. Faktor Penghambat yakni, TK Khalifah Samarinda keterbatasan pendidik profesional dalam bidang pendidikan kewirausahaan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPengembangan, Sosial, Emosional, Pembelajaran, Kewirausahaanen_US
dc.titlePengembangan Sosial Emosional Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda (Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Bunga Harapan Dan Taman Kanak-Kanak Khalifah Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record