Show simple item record

dc.contributor.authorYuliati, Yuyun
dc.date.accessioned2022-10-03T06:43:15Z
dc.date.available2022-10-03T06:43:15Z
dc.date.issued2021-05-24
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1764
dc.description.abstractABSTRAK Yuyun Yuliati, 2021. “Penerapan Budaya Literasi (Studi Multisitus Di Taman Kanak - kanak Teratai Loa Kulu, Taman Kanak-kanak. Kasih Bunda Tenggarong Seberang dan Taman Kanak-kanak Ar-Rajwaa Samarinda Seberang”. Tesis Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. M. Abzar D, M.Ag sebagai dosen pembimbing I dan Dr. Umar Fauzan, M. Pd sebagai dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa literasi adalah sebuah ilmu dasar yang harus dikuasai untuk mempelajari ilmu-ilmu lainnya. Literasi seharusnya menjadi budaya yang positif yang harus dikembangkan demi masa depan dan prestasi bangsa Indonesia dalam bidang literasi. Di tingkat taman kanak-kanak penerapan pembelajaran literasi sangat berbeda dengan jenjang pendidikan tingkat selanjutnya sehingga di tahap ini tidak ada penilaian hasil yang dapat ditentukan karena pada tahap ini pembelajaran literasi berada pada level pengenalan huruf, pembiasaan berbicara dan pembiasaan menulis, sehingga penilaian hasil penelitian ini lebih menitik beratkan pada proses bukan pada hasil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan budaya literasi di TK Teratai Loa Kulu, TK Kasih Bunda Tenggarong Seberang dan TK Ar Rajwaa Samarinda. (2) Apa saja faktor-faktor hambatan dan dukungan guru dalam upaya penerapan budaya literasi di TK Teratai, TK Kasih Bunda dan TK Ar Rajwaa? (3) Upaya-upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan budaya literasi di tiga TK tersebut? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Yaitu melalui pengamatan lingkungan belajar secara langsung akan tetapi karena pada masa pandemi ini tidak ada sekolah yng melaksanakan kegiatan secara langsung dengan interaksi langsung, maka teknik pengumpulan data yang dilaksanakan melalui metode wawancara kepala sekolah, guru dan orang tua murid melalui daring. Dari hasil penelitian,bahwa (1) Penerapan budaya literasi di TK. Teratai, TK. Kasih Bunda dan TK Ar-Rajwaa sudah dilaksanakan sesuai dengan keadaan lembaga seperti ketersediaan sarana prasarana melalui program-program kegiatan literasi yang dilaksanakan (2) Dalam upaya penerapan budaya literasi di TK. Teratai, TK. Kasih Bunda dan TK. Ar-Rajwaa terdapat beberapa faktor hambatan dan dukungan baik dari internal lembaga maupun dari eksternal. Penerapan budaya literasi di setiap lembaga yang diteliti memuat program penerapan budaya literasi yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 dan 146 Tahun 2014 aspek yang tergali dalam penerapan budaya literasi di taman kanak-kanak Kecamatan Loa Kulu aspek perkembangan yang lebih terfokus dicapai adalah aspek perkembangan bahasa dan aspek perkembangan kognitif.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPenerapan, Budaya Literasien_US
dc.titlePenerapan Budaya Literasi (Studi Multisitus Di Taman Kanak - kanak Teratai Loa Kulu, Taman Kanak-kanak. Kasih Bunda Tenggarong Seberang dan Taman Kanak-kanak Ar-Rajwaa Samarinda Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record