View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • E-Skripsi - Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • E-Skripsi - Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH KONTEN YOUTUBE LOGIN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UINSI SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MOCHAMAD SAIFUL UMAR_FUAD.pdf (289.3Kb)
Date
2024
Author
PENGARUH KONTEN YOUTUBE LOGIN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UINSI SAMARINDA UMAR, MOCHAMAD SAIFUL
Metadata
Show full item record
Abstract
Mochamad Saiful Umar. 2024. Pengaruh Konten YouTube Login terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSI Samarinda. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Riswan, S.Pd., M.Si. dan Miftahul Huda, M.Kom. Latar belakang penelitian ini muncul di tengah perkembangan teknologi yang cepat, di mana internet digunakan di berbagai aspek kehidupan, muncullah media sosial yang menjadi dunia bagi masyarakat saat ini. Banyak yang menggunakan media sosial dengan berbagai alasan dan tujuan. Beberapa orang memanfaatkan media sosial untuk hal positif, salah satunya ialah dakwah. Konten login hadir dengan membawa konsep yang unik dan menarik perhatian netizen, konten ini sering kali masuk trending di YouTube dan viral di media sosial lainnya yang mulai mempengaruhi persepsi masyarakat, terutama Gen Z. Melihat temuan peneliti sebelumnya di mana konten login ternyata memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek seperti toleransi, sikap sosial, dan lainnya, peneliti tertarik untuk melihat pengaruh konten login terhadap komunikasi interpersonal. Peneliti memfokuskan penelitian pada mahasiswa KPI UINSI Samarinda karena secara tidak langsung mereka memiliki kedekatan dengan topik pembahasan, di mana mahasiswa KPI UINSI Samarinda saat ini merupakan bagian dari Gen Z yang terlibat dalam dunia media sosial dan moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji regresi linear sederhana. Populasinya ialah mahasiswa KPI UINSI Samarinda yang masih aktif, dan teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data pendukung. Variabel konten login menggunakan indikator dari terpaan media, dan variabel komunikasi interpersonal menggunakan indikator dari sikap komunikasi, yang diturunkan menjadi pertanyaan dan pernyataan dalam konteks moderasi beragama. Keabsahan data diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana dengan bantuan program komputer IBM SPSS 26. Dari hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti variabel Konten Login (X) dapat dikatakan berpengaruh terhadap variabel Komunikasi Interpersonal (Y). Hasil dari koefisien regresi ditulis dengan rumus regresi linear sederhana menjadi Y = 4,981 + 1,015X, yang berarti setiap penambahan 1% nilai Konten Login, maka nilai Komunikasi Interpersonal bertambah sebesar 1,015. Nilai koefisien regresi tersebut diketahui positif, atau dengan kata lain semakin seseorang mahasiswa terpapar dengan konten login maka akan semakin naik pula nilai terhadap komunikasi interpersonalnya. Hasil dari koefisien determinasi memiliki nilai R Square sebesar 0,650 yang dapat diartikan bahwa pengaruh konten login terhadap komunikasi interpersonal ialah sebesar 65%, sementara sisanya sebesar 35% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5177
Collections
  • E-Skripsi - Komunikasi dan Penyiaran Islam [81]

Related items

Showing items related by title, author, creator and subject.

  • STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DALAM BIMBINGAN KEAGAMAAN DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II SAMARINDA 

    PUTRA, RAHMANSYAH (UINSI Samarinda, 2024-06)
    Rahmansyah Putra, 2024. “Strategi Komunikasi Dakwah dalam Bimbingan Keagamaan di Balai Pemasyarakatan Kelas II Samarinda.” Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, ...
  • HUBUNGAN PEMAHAMAN ETIKA KOMUNIKASI DENGAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM PADA MAHASISWA KPI UINSI SAMARINDA 

    ILSANTI, DESI (UINSI Samarinda, 2024-08)
    Desi Ilsanti, 2024. Hubungan Pemahaman Etika Komunikasi dengan Etika Bermedia Sosial di Instagram pada Mahasiswa KPI UINSI Samarinda. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Universitas Islam Negeri ...
  • Model Komunikasi Ibu dengan Anak Pengguna Gawai Aktif di Desa Santan Ilir Kecamatan Marangkayu 

    Susilawati, Susilawati (IAIN Samarinda, 2019-12-15)
    ABSTRAK Susilawati, 2019. Model Komunikasi Ibu dengan Anak Pengguna Gawai Aktif di Desa Santan Ilir Kecamatan Marangkayu. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri ...

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV